Skip to main content

Makanan Indonesia yang Go Internasional













Indonesia adalah Negara dengan jumlah kekayaan yang tak ternilai harganya. Seperti membahas tentang masakan asal Indonesia di mana terdapat banyak sekali ragam jenis masakan yang tak hanya sebatas menjadikan perut kenyang, tetapi membekaskan rindu pada mereka yang kali pertama berjumpa.
Setiap daerah mempunyai makanan khas yang bisa menggoyang lidah. Berikut ini adalah Makanan Indonesia yang Go Internasional :

1.   Soto
Setiap jenis soto mempunyai cara penyajian yang berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto bisa dihidangkan sendiri atau langsung dimakan tanpa tambahan maupun dengan tambahan seperti nasi, lontong, ketupat, bihun, atau mie bersama dengan lauk isiannya. Terdapat menu pelengkap seperti kerupuk, emping, perkedel, telur puyuh, sate, koya, dan sambal. Di sejumlah kota, seperti Jakarta, ada banyak warung penjual soto. Bukan cuma soto betawi yang dijual, tetapi ada juga warung yang khusus menyajikan soto dari daerah-daerah luar Jakarta.

2.   Gado-gado

gado-gado berasal dari tanah Betawi. Gado-gado termasuk makanan tradisional yang menyehatkan karena didominasi oleh bahan-bahan yang berasal dari sayuran.


3.   Nasi Padang
Indonesia mempunyai kekayaan kuliner yang sangat melimpah, dari bagian barat hingga timurnya. Seperti di Sumatera Barat, tepatnya di Padang, ada sajian nasi yang begitu legendaris dan telah melanglang buana hingga ke kota-kota lain, bahkan ke luar negara.

Mengulas tentang nasi padang maka tak hanya berbicara soal nasi, tetapi juga seluruh lauk pauknya yang rasanya terkenal pedas dan bersantan. Mulai dari yang paling umum seperti ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar, ikan goreng, hingga lauk pauk yang juga berasal dari tanah Sumatera, seperti rendang yang paling ternama.

4.   Opor Ayam
Salah satu sajian yang umum dibuat adalah opor ayam. Opor ayam adalah makanan yang diklaim berasal dari kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur bagian barat. Olahan ayam ini menyajikan ayam yang direbus dengan bumbu kental dari santan bersama tambahan bumbu lain seperti serai, kencur, dan lainnya.

5.   Asinan
Asinan adalah ikon kuliner khas Indonesia yang terkenal di mata dunia. Proses pembuatan yang unik menjadikan asinan semakin tersohor namanya. Asinan sendiri merupakan makanan yang dibuat melewati proses pengasaman dengan cuka atau pengasinan dengan garam pada acar [bisa berupa buah-buahan atau sayur-sayuran]. Asinan dari suku Betawi adalah asinan yang menggunakan sayur-sayuran sebagai acar yang diasinkan. Sayuran yang biasa diasinkan antara lain sawi, kubis, selada, tauge, dan tahu. Sementara asinan bogor adalah asinan buah-buahan. Buah yang akan dipilih untuk membuat asinan bogor adalah berbagai jenis buah-buahan tropis seperti mangga muda, pepaya, kedondong, bengkuang, nanas, dan jambu air.

6.   Rendang
Rendang dibuat dari daging yang bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah rempah asli indonesia. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang ulang dengan menggunakan santan kelapa. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk. Rendang bahkan menjadi menu Makanan favorite di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner masakan asli Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman.

7.   Sop Buntut
Hidangan sop buntut telah terkenal kelezatannya di Negeri Matador, Spanyol. Sop buntut dimasak menggunakan bahan dasar buntut sapi kemudian diberi rempah-rempah seperti: merica, pala, dan cengkeh. Sop buntut sapi yang sudah matang akan diberi pelengkap seperti irisan kentang, wortel, bawang goreng, tomat, seledri, beserta daun bawang. Rasa kuah yang segar mampu menggoyang lidah siapa saja yang memakannya.



Comments

Popular posts from this blog

Ikan Bakar Murah Di Kebon Jeruk

Pagi gaes...
Saya mau kasih tau nih rekomend ikan bakar yang murah tapi rasanya emmmmmmm... endol banget hehehe..
Tempatnya sih sederhana nggak mewah kaya rumah makan gitu, tapi di sini rame banget loh apalagi pas jam makan siang.












1 porsi ikan bakar dan es teh tawar di hargai cuma Rp. 20.000 gaes, buat kalian pecinta pedes boleh nih di coba sambelnya nendang banget, saya sampe nangis sangkin pedesnya.
Ikannya banyak mace,nya juga, ada ikan bawal, ikan kue, ikan salem, ada ayam juga oiya katanya tempe bakarnya tuh enak banget, tapi kemarin gak coba sih, menunya bisa di goreng juga ya nggak cuma di bakar aja.








































Saya kemarin lihat ada orang yang cuma pesan tempenya aja 15 potong, katanya tempenya enak banget.
Oiya di sana yang jualan suami istri cuma berdua aja jadi agak sabar ya nunggunya.
Mereka jualan dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore aja.
Alamatnya di jalan kedoya angsanan raya blok DA kebon jeruk jakarta barat.


Tempat Kuliner di Tangerang

Tangerang memang bukanlah Jakarta, meskipun kedua kota ini saling berdekatan jaraknya. Luasnya masih kalah dibandingkan dengan Jakarta dan ramainya pun masih ramai Jakarta. Terlebih lagi Jakarta adalah ibu kota negara. Namun jangan salah, Tangerang juga ada keunggulannya, yakni memiliki banyak tempat kuliner yang sangat enak dan beragam, tinggal dipilih yang cocok dengan selera. Bandara Soekarno Hatta Sebagai Kebanggaan Kota Tangerang.
Beraneka jenis menu makanan disajikan oleh tempat-tempat kuliner yang ada di sini. Mulai dari makanan ringan, seperti roti, snack sampai dengan makanan berat seperti sate kambing, steak, pizza dan lain-lain. Berikut dibawah ini Tempat kuliner di Tangerang yang enak dengan harga terjangkau :
1.Flip Burger












Jajanan pasar

Hallo gaes.. hehe
Kali ini saya mau posting salah satu kue pasar...
Entah ini namanya apa, cuma kalo saya biasa bilang kue cantik manis..
Saya gak tau sih kalo di tempat kalian namanya kue apa, yang pasti kue ini selalu ada di pasar yang menjual kue basah.
Warnanya juga macem-macem ya gaes, kebetulan saya cuma beli yang warna hijau aja.
Kalo tekstur dari kue ini sih lebih mirip agar-agar , hanya rasanya bermacam-macam dan manis.
Yang saya posting ini rasanya pandan, buat kalian tinggalkan komentar kalian ya apa nama kue ini di tempat kalian..