Skip to main content

Kuliner tradisional khas Indonesia
















Indonesia memiliki makanan tradisional yang beraneka ragam. Karena terdiri dari banyak provinsi dan di setiap provinsi memiliki makanan khas dari daerah masing-masing. Bisa jadi setiap daerah memiliki puluhan makanan khas, namun dari banyaknya makanan khas tersebut tentu hanya beberapa saja yang terkenal hingga nasional bahkan internasional.
Berikut ini adalah 5 Kuliner tradisional khas Indonesia yang harus Anda coba :

1.   Mie Aceh
Mie Aceh merupakan mie pedas khas Aceh. Bahan utama yang digunakan untuk mie tradisional ini  yaitu mie kuning atau mie telor. Mie aceh disajikan dengan irisan daging kambing atau sapi, namun juga ada yang mengkombinasikan dengan makanan laut seperti kepiting, udang atau cumi. Mie Aceh tersedia dalam tiga jenis antara lain :
    mie Aceh setengah basah
    mie Aceh goreng atau kering
    mie Aceh kuah atau sup.
Biasanya dalam penyajiannya ditaburi dengan bawang goreng, emping, mentimun, potongan bawang merah dan perasan air jeruk nipis.

2.   Kerak Telor
Kerak telor merupakan makanan khas Betawi dan biasanya ditemukan pada acara Pekan Raya Jakarta. Ada juga yang menjualnya di pinggir jalan. Kuliner yang satu ini identik dengan Kota Jakarta. Karena makanan tradisional ini menjadi kebanggaan warga Jakarta. Sebab memiliki rasa yang gurih dan legit ketika dimakan.

Kuliner ini memang sudah terkenal lezat sejak masa kolonial Belanda dan sempat menjadi primadona di kota yang dahulu namanya Batavia. Kerak telor dapat dikatakan sebagai fast food-nya masyarakat di Jakarta. Untuk menyajikan kuliner ini tidak membutuhkan waktu lama, karena tidak sampai 15 menit saja Anda sudah dapat menyantap kerak telor yang hangat dan lezat.

Kerak telor ini dibuat  tanpa menggunakan kompor, melainkan menggunakan anglo dan arang. Cara memasak menggunakan anglo ini untuk menjaga rasa khas dari kerak telur yang legit dan gurih.

3.   Gudeg Yogyakarta
Gudeg paling cocok dinikmati dengan nasi hangat dan tambahan sambal. Biasanya gudeg dapat dicampur dengan tahu, telur rebus, ayam goreng dan lain-lain. Ada 2 varian gudeg yaitu :
    Gudeg basah yaitu gudeg yang disajikan
dengan santan agak encer sehingga menghasilkan kuah gurih . Gudeg ini biasanya dinikmati untuk menu sarapan pagi.
    gudeg kering yaitu gudeg yang disajikan
dengan santan kental dan dimasak dengan waktu lebih lama dibandingkan gudeg basah.

Apabila anda tidak bisa memasak sendiri, maka tenang saja karena saat ini gudeg sudah disediakan dalam bentuk kemasan kaleng dan dapat Anda temui di supermarket atau mall- mall. Biasanya gudeg yang disajikan dalam bentuk kaleng yaitu gudeg kering, bahkan saat ini sudah tembus ke supermarket luar negeri.

4.   Rujak cingur
Nama rujak cingur diambil dari kata bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan tersebut yaitu “Rujak” dan “Cingur” yang artinya merupakan campuran buah-buahan dan sayuran dan dihidangkan dengan sambal. Sedangkan cingur sendiri artinya mulut atau moncong sapi.

Perpaduan antara buah-buahan, sayuran dan cingur yang diolah menjadi satu memiliki citarasa yang khas. Jika dilihat sekilas, rujak cingur menyerupai gado-gado. Selain itu, saus untuk bumbunya juga berbeda, menggunakan bumbu petis dan bahan lainnya.
Hal yang membuat istimewa pada rujak cingur yaitu menggunakan buah-buahan sehingga ada perpaduan rasa antara buah dan sayur yang menjadi citarasa yang unik pada rujak cingur. Selain di Jawa Timur, rujak cingur dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia. Namun rujak cingur asli Surabaya memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya.

5.   Gulai ikan patin
merupakan salah satu sajian kuliner nusantara dan cukup populer karena rasanya yang nikmat. Makanan tradisional ini memiliki rasa segar dan menggugah selera apalagi kalau dinikmati pada siang hari untuk menu makan siang. Makanan yang satu ini wajib Anda coba, jika Anda berkunjung ke Jambi.

Gulai ikan patin memang diolah dengan higienis dan bersih, sehingga membuat selera makan menjadi naik. Makanan nusantara ini ternyata banyak digemari oleh wisatawan asing yang berkunjung ke kota tersebut.

Bahan utama kuliner ini adalah ikan patin, dimana ikan ini termasuk dalam kelompok genus pangasius (ikan yang memiliki kumis). Jenis ikan ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi antara lain asam lemak esensial DHA dan EPA, omega 3, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, zat besi, iodium dan selenium.

Oleh karena itu, mengkonsumsi gulai ikan patin sangat baik untuk kesehatan, karena kandungan gizi yang terdapat pada ikan patin cukup banyak. Gulai ikan patin lebih nikmat jika disajikan ketika masih panas, apalagi ketika cuaca dingin.

Comments

Popular posts from this blog

Ikan Bakar Murah Di Kebon Jeruk

Pagi gaes...
Saya mau kasih tau nih rekomend ikan bakar yang murah tapi rasanya emmmmmmm... endol banget hehehe..
Tempatnya sih sederhana nggak mewah kaya rumah makan gitu, tapi di sini rame banget loh apalagi pas jam makan siang.












1 porsi ikan bakar dan es teh tawar di hargai cuma Rp. 20.000 gaes, buat kalian pecinta pedes boleh nih di coba sambelnya nendang banget, saya sampe nangis sangkin pedesnya.
Ikannya banyak mace,nya juga, ada ikan bawal, ikan kue, ikan salem, ada ayam juga oiya katanya tempe bakarnya tuh enak banget, tapi kemarin gak coba sih, menunya bisa di goreng juga ya nggak cuma di bakar aja.








































Saya kemarin lihat ada orang yang cuma pesan tempenya aja 15 potong, katanya tempenya enak banget.
Oiya di sana yang jualan suami istri cuma berdua aja jadi agak sabar ya nunggunya.
Mereka jualan dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore aja.
Alamatnya di jalan kedoya angsanan raya blok DA kebon jeruk jakarta barat.


Tempat Kuliner di Tangerang

Tangerang memang bukanlah Jakarta, meskipun kedua kota ini saling berdekatan jaraknya. Luasnya masih kalah dibandingkan dengan Jakarta dan ramainya pun masih ramai Jakarta. Terlebih lagi Jakarta adalah ibu kota negara. Namun jangan salah, Tangerang juga ada keunggulannya, yakni memiliki banyak tempat kuliner yang sangat enak dan beragam, tinggal dipilih yang cocok dengan selera. Bandara Soekarno Hatta Sebagai Kebanggaan Kota Tangerang.
Beraneka jenis menu makanan disajikan oleh tempat-tempat kuliner yang ada di sini. Mulai dari makanan ringan, seperti roti, snack sampai dengan makanan berat seperti sate kambing, steak, pizza dan lain-lain. Berikut dibawah ini Tempat kuliner di Tangerang yang enak dengan harga terjangkau :
1.Flip Burger












Jajanan pasar

Hallo gaes.. hehe
Kali ini saya mau posting salah satu kue pasar...
Entah ini namanya apa, cuma kalo saya biasa bilang kue cantik manis..
Saya gak tau sih kalo di tempat kalian namanya kue apa, yang pasti kue ini selalu ada di pasar yang menjual kue basah.
Warnanya juga macem-macem ya gaes, kebetulan saya cuma beli yang warna hijau aja.
Kalo tekstur dari kue ini sih lebih mirip agar-agar , hanya rasanya bermacam-macam dan manis.
Yang saya posting ini rasanya pandan, buat kalian tinggalkan komentar kalian ya apa nama kue ini di tempat kalian..